Laporan Akhir 2 Modul 1


 



 

1.  Tujuan[Kembali]

    Tujuan Percobaan : 

  1.     Merangkai dan menguji aplikasi output pada mikrokontroller Arduino
  2.     Merangkai dan menguji input pada mikrokontroller Arduino
  3.     Merangkai dan menguji I/O pada mikrokontroller Arduino
    Kondisi
            Merangkai keypad, LCD dan Arduino sehingga menampilkan angka 8,9,10,11 ketika * ditekan

2. Hardware[Kembali]

Alat 

1. Breadboard


2. USB tipe B

 NYK Kabel Printer 3 Meter USB 2.0/NYK Kabel Printer Usb 2.0 3 M/KABEL USB  PRINTER 3M /3M KABEL PRINTER 3Meter HIGH QUALITY | Lazada Indonesia

3. Kabel Jumper
Kabel Jumper Male To Male 20 Cm 10 Pcs | Shopee Indonesia

Bahan
1.
Arduino

Arduino Uno Tutorial [Pinout]
2. LCD
3. Keypad
4. Potensiometer
 

 

3. Rangkaian Simulasi[Kembali]

    Rangkaian Percobaan


    Prinsip Kerja

    pada rangkaian ini akan menampilkan karakter 891011 jika tombol * ditekan, yang mana pada keypad merupakan input dan pada lcd merupakan outputnya. pada rangkaian dipasangkan sesuai dengan modul pratikum yang dimana pada lcd atau output dipasangkan pada pin analog dan pada input atau keypad dipasangkan pada pin digital.

    Pada program dideklarasi library untuk LCD dan Keypad yaitu LiquidCrystal.h dan Keypad.h. dan juga deklarasi jumlah baris dan kolom dari keypad untuk inisialisasi tombol-tombol yang digunakan pada matriks sesuai dengan jumlah baris dan kolom keypad yaitu matrik 4x3. Selanjutnya dideklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan kolom keypad. Setelah itu inisialisasi library LiquidCrystal.h dan Keypad.h dengan pin-pin yang digunakan.

    Pada fungsi void setup() dilakukan set baris dan kolom LCD dengan fungsi lcd.begin() dan lcd.setCursor(). Selanjutnya untuk void loop() dilakukan pembacaan keypad dimana dideteksi tombol mana yang sedang ditekan dengan fungsi keypad.getKey(). Jika tombol/key yang ditekan adalah '*' maka akan ditampilkan karakter "91011" pada layar LCD, sedangkan jika tombol lainnya yg ditekan tidak akan ditampilkan karakter pada LCD.

4. Program[Kembali]

#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7};
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};

LiquidCrystal lcd(A0, A1, 0, 1, 2, 3, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup()
{
       lcd.begin(20, 4); 
       lcd.setCursor(1,2); 
       lcd.setCursor(4,3); 
       lcd.setCursor(0,0);
}
void loop()
{
       char key = keypad.getKey();
       if (key == '*')
       {
            lcd.print("891011");
        }
}

Flowchart



5. Analisa[Kembali]

Percobaan 3

1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing-masing kelompok

 Jawab :

     Pada program ditambahkan library lcd < Liquidcrystal .h > dan keypad < keypad .h > . lalu dideklarasikan banyak baris dan kolom, yaitu 4 dan 3. Inisialisasi keypad dengan matriks 4x3, lalu untuk row pins yaitu 10, 9, 8, 7 dan col pin 13, 12, 11. Lalu untuk lcd pin yaitu A0, A1, A2, A3, A4, A5.

    Untuk void setup diset baris yang digunakan. Lalu untuk void loop dimana program membaca keypad. Ketika * ditekan maka akan tampil angka 891011

2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 lcd dipindahkan ke pin digital 0-3 ? Berikan Analisa !

 Jawab :

    Apabila dipindahkan ke pin 0-3 maka program tidak akan berjalan semestinya. Hal ini disebabkan karna pin 0 merupakan pin RxD dan pin 1 merupakan pin TxD. Karna pin tersebut bukan pin pwn maka tidak dapat menjalankan fitur pwm.

3. Apa pengaruh Vo terhadap lcd, jelaskan fungsi pin Rs, Rw dan E. Serta bagaimana menghubungkannya agar lcd dapat menampilkan karakter

 Jawab :

-          Vo berpengaruh terhadap kontras pada lcd, yang mana untuk mengatur terang gelapnya.

-          Rs digunakan Arduino untuk memilih lokasi memori saat penulisan.

-          Rw digunakan untuk menentukan mode read atau write

-          E digunakan untuk mengkatifkan atau menonaktifkan pemulihan karakter

Cara menghubungkan yaitu pin vss dihubungkan ke ground, vcc ke daya 5 volt, Vo ke potensi, pin Rs ke pin 12 arduino. pin Rw ke ground pin D4, D5, D6, D7 ke pin 5, 4, 3, 2. Pin 15 ke daya 5 volt pin 16 ke ground.

 

6. Vidio[Kembali]  

 






7. Link Download[Kembali]

Rangkaian Simulasi

Vidio Simulasi 1

Vidio Simulasi 2

library arduino 

Program Arduino 

Datasheet Arduino 

Datasheet LCD 

Datasheet Keypad 

Library LCD

Library Keypad 

html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar